2013 The Year of Divine Breakthrough

Minggu, 20 Juli 2008

MAKSUD TUHAN !!

Seri Kotbah Yunus 3

Dalam hidup kita, sering kita mengalami kehidupan yang diwarnai oleh masalah dan persoalan datang silih berganti. Ada masalah keluarga, kesehatan, keuangan, bisnis dan yang paling sering terjadi adalah kita tidak pernah bisa mengerti mengapa hal-hal buruk itu terjadi?
Padahal menurut kita, rasanya sudah melakukan hal-hal yang baik tetapi hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.
· Atau kita melakukan kesalahan yang tidak kita sadari, sehingga berbagai hal buruk menimpa kita. Dan bila kita bukan orang yang memiliki iman yang kuat terhadap Tuhan maka ujung-ujungnya akan menyalahkan Tuhan dan kecewa kepada Tuhan
· Dalam seri kothbah kitab Yunus yang ke 3 ini, kita akan melihat jawaban-jawaban atau hal-hal yang membingungkan di atas.
Baca : Yunus 1:17
“Maka atas penentuan Tuhan datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus, dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya”.

Latar Belakang:
Ketika Yunus mencoba lari dari hadapan Allah dan tidak mau menuruti Firman Tuhan, maka dalam perjalanan menuju Tarsis mengalami hal yang buruk, badai besar siap menenggelamkan kapal.
Melalui proses rencana Tuhan, akhirnya ditemukan Yunus lah penyebab semua kesulitan dan bencana tersebut. Maka dibuanglah Yunus ke laut, dan ketika tenggelam Yunus dimakan ikan besar, namun ajaibnya Yunus tidak mati bahkan bertahan sampai 3 hari 3 malam.
Dari ayat ini kita menemukan beberapa jawaban mengapa semua yang terjadi atas kita begitu membingungkan:

1. ALLAH ADALAH PENENTU HIDUP KITA
Ay. 17,”Maka atas PENENTUAN TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus...”
· Kita ini siapa? Kadang kita ingin ini dan itu tanpa mau melibatkan Tuhan dan menyerahkan segala rencana hidup kita dalam tangan-Nya. Bahkan kita sering menyelahkan Tuhan!!
· Kita ini telah ditebus oleh Tuhan dengan darah Yesus, artinya kita sekarang adalah milik Allah. Bukan hanya itu saja alas an mengapa kita harus berserah, karena Dia adalah Allah yang dasyat dan berkuasa. Dialah yang menciptakan kita dan hiduplah seperti apa yang Allah tentukan. DIA PENENTU HIDUP KITA! → 1 Korintus 7:17
· Apli : Jangan takut kita menyerahkan hidup kita dalam tangan Tuhan Yesus! Dia bukan Allah yang kejam.

2. RENCANA ALLAH ADALAH RENCANA YANG UNIK
Cara yang Allah pakai untuk membawa Yunus dalam rencana-Nya adalah cara yang sangat unik, mengirim ikan besar untuk menelan Yunus.
Allah mengingatkan panggilan yunus ke kota Ninewe (ingat seri kothbah 1 : Ninewe dari bahasa Ibrani niniweh dengan kata dasar nun yang berarti IKAN)
· Banyak cara yang Allah pakai untuk membawa kita kembali ketika kita jauh dari hadapan-Nya
· Kadang Tuhan membawa kita ke tempat yang tidak menyenangkan seperti Yunus dimakan ikan, dalam hidup kita sehari-hari mungkin kita dibawa dalam situasi yang sangat tidak enak, sakit penyakit, kejatuhan usaha, kematian dan lain-lain.
· Apli : kalau kita mengalami itu semua percayalah Allah punya rencana yang unik bagi hidup kita. Janji-Nya sekalipun dalam lembah kekelaman, Allah tetap menjaga kita. → Mazmur 23:4

3. ALLAH MENGHENDAKI KITA BERDIAM DIRI
Ketika Yunus ditelan ikan besar itu, maka Yunus tinggal di dalam perut ikan itu selam 3 hari 3 malam. Mengapa Allah ijinkan itu begitu lama? Jawabannya : karena Allah menghendaki Yunus untuk berdiam diri.
Beberapa hal yang dilakukan saat berdiam diri:
· Evaluasi dan instrospeksi diri
· Berdoa
· Melatih kembali ketajaman telinga untuk mendengar suara Tuhan
· Mengobarkan kembali api Roh Kudus dalam hidupnya
Apli : Seringkali Allah menghendaki kita untuk berdiam diri, ada kuasa dibalik tinggal tenang atau berdiam diri.
Baca : Yesaya 30:15

Aletheia Muntilan,
20 Juli 2008

Tidak ada komentar: