2013 The Year of Divine Breakthrough

Minggu, 03 Februari 2013

JATI DIRI

Tetapi Musa berkata kepada Allah: "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?" (Kel. 3:11).

Film-film kartun Walt Disney sangat terkenal dan digemari banyak orang karena selain menghibur, film-film Disney biasanya menyisipkan nilai-nilai moral yang indah. Contohnya, dalam film Lion King, terdapat nilai yang indah tentang menemukan jati diri.

Simba kecil, anak raja hutan, merasa bersalah karena telah menyebabkan kematian ayahnya. Pamannya yang jahat menuduh dia. Selain itu untuk merebut kekuasaan, pamannya menyuruh hyena untuk membunuh Simba. Karena takut dan sedih Simba melarikan diri sejauh-jauhnya dan berusaha melupakan masa lalu dan kegagalannya. Ia bergaul dengan babi hutan dan meerkat, hewan sejenis musang. Ia makan makanan mereka dan menjalani hidup seperti mereka dan melupakan jati dirinya sebagai raja hutan.

Suatu hari meerkat, temannya itu, diserang oleh singa betina. Simba berusaha menolong temannya dan bergelut dengan singa betina itu. Ternyata singa itu adalah Nala, temannya waktu kecil. Nala meminta Simba untuk kembali dan menyelamatkan kerajaannya dari pamannya yang jahat. Tetapi karena dibayang-bayangi kegagalan pada masa yang lalu, Simba tidak mau kembali. Kemudian baboon, dukun istana, datang dan menyuruh Simba melihat ke air. Simba kaget melihat ayahnya ada di sana. Akhirnya melalui itu ia disadarkan akan jati dirinya dan kembali ke hutan wilayahnya dan merebut kembali takhtanya.

Mungkin kita pernah gagal seperti Simba atau Musa dan tidak berani menghadapi masa lalu kita. Jangan melarikan diri. Bangkitlah. Dengan pertolongan Tuhan kita BISA menemukan jati diri kita dan membereskan kegegalan kita.

(Johny T Wie Liang)

Tidak ada komentar: